5 Kayu yang Kuat dan Tahan Cuaca Cocok Untuk Outdoor

5 Kayu yang kuat dan tahan cuaca

5 Kayu yang Kuat dan Tahan Cuaca – Selain menjadi material favorit, kayu memiliki daya tarik yang besar dalam dekorasi rumah. Kayu juga cocok untuk aplikasi indoor dan outdoor. Menggunakan kayu di luar rumah membutuhkan lebih banyak perhatian daripada serangan rayap, perubahan suhu, atau bahkan hujan. Agar tidak salah memilih pilihan, pertimbangkan 5 jenis kayu dengan huruf yang cocok digunakan di luar rumah.

  1. Kayu Jati Atau Teak Wood

5 Kayu yang kuat dan tahan cuaca

Jati atau jati merupakan kayu yang kualitasnya sangat tinggi di antara jenis lainnya. Kayu ini memiliki warna coklat dengan serat yang membentuk tekstur yang khas. Sampai saat ini, jati masih dianggap kayu terkuat. Pertumbuhan jati yang sangat lambat membuat permintaan pasar sulit dipenuhi. Sebab, harganya sangat mahal. Kayu jati di Pulau Jawa dinilai paling baik karena kualitasnya. Alasannya, jati tumbuh subur di daerah kering berbatu kapur seperti Jawa.

  1. Kayu Merbau

Pohon ini sering digunakan sebagai alternatif pengganti kayu jati. Warna pohonnya coklat, ada corak merah dan kuning. Pohon Merbau berwarna abu-abu sampai hitam di banyak tempat. Teksturnya menyerupai garis putus-putus lurus. Upaya tambahan diperlukan untuk mengerjakan pohon ini. Namun, Anda tidak perlu melakukan banyak perawatan untuk jenis ini. Menggunakan kayu dan jati, Merbau menjualnya dengan harga yang tidak jauh berbeda.

  1. Kayu Ulin Atau Kayu Besi

Kayu yang disebut juga besi atau besi termasuk dalam kategori kayu solid. Pohon ini berwarna coklat muda. Banyak yang percaya bahwa semakin sering terpapar air, semakin baik tampilan pohon ini. Kayu jenis ini tidak membutuhkan perawatan khusus. Jika Anda telah memilih kayu dengan tekstur yang bagus, Anda mungkin perlu memilihnya kembali. Berbeda dengan jati yang memiliki bentuk berserat yang menarik, serat kayu besi dianggap tidak terlihat. Kekurangan lainnya adalah terkadang terdapat retakan pada permukaan kayu.

  1. Kayu Bengkirai

Kayu asli Kalimantan ini disebut juga kayu Palau. Bengkirai memiliki penampilan yang kecokelatan. Bubur kayu Beng Kirai lebih gelap dari pada area yang dekat dengan permukaan. Butir kayu ini panjang dan lurus. Dibandingkan dengan hutan lainnya, Beng Kira merupakan salah satu hutan yang paling rentan. Oleh karena itu, tidak jarang rambut pecah-pecah setelah dikeringkan. Namun kayu ini merupakan kayu solid yang banyak digunakan untuk atap ruang luar ruangan. Dari segi harga, Beng Kira dijual dengan harga yang lebih murah dari kayu jati dan besi.

  1. Kayu Damar Laut

Resin laut adalah kayu solid. Hampir terlihat seperti Beng Kira. Resin laut mengandung serat lurus atau bengkok. Resin laut baru biasanya berwarna cokelat. Semakin lama terpapar ruang, semakin gelap kayu resin lautnya. Pengolahan kayu ini sulit dilakukan karena sifat kayunya yang keras. Butuh waktu sedikit lebih lama untuk mengerjakan pohon ini. Dari segi harga, resin laut sedikit lebih murah dari benjkiray.

Share this Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *