Jenis Pada Kayu Pohon Oak

Jenis Pada Kayu Pohon Oak
Oak ditanamkan di pohon ek dari genus Quercus. Tanaman ini cuma dapat tumbuh di wilayah beriklim dingin seperti Amerika, Asia, Eropa serta Afrika Utara. Beberapa ratus macam pohon ek ditanamkan serta dipakai buat beberapa kepentingan. Buat kita yang tinggal di Indonesia, bendungan ini mahal serta susah diketemukan. Bila ada ukuran selalu. Apa yang fantastis dari kepala kambing? Argumen terpentingnya ialah jika oak ialah kayu keras. Bendungan ini tenar di penjuru dunia sebab kekerasannya. Perkembangan pohon ek dapat habiskan waktu beberapa ratus tahun, merepresentasikan peningkatan harga kayu.

Jenis Kayu Oak

Jenis Pada Kayu Pohon OakKarakter-sifat pohon ek keras tergantung di spesiesnya. Ada dua macam oak, yang pertama ialah oak merah serta oak putih. Ke-2 spesies ini butuh diketahui sebab punya karakter yang tidak sama. White oak ialah spesies yang umum di Indonesia. Kayak apa wujud pohon ek merah serta kayu ek putih? Berikut penuturannya.

Red Oak

Nama alami pohon ek merah ialah Qiburora, serta diketemukan di Amerika Utara serta Tenggara. Tinggi pohonnya dapat capai 25-35 mtr., lebar 1-2 mtr. Warna kayunya coklat kemerahan. Sisi yang dapat dipotong nyaris putih, serta batasannya tak kelihatan oleh kayu di singgasana. Bubur kayu lempeng serta bertahan lama dan susunan kayunya enteng.
Tangkai pohonnya besar sekali, bila Anda dapat tiup di satu segi, angin berhasil lolos dari bagian lain. Ketahanan pohon ek merah begitu rendah, terpenting pada semut. Perlawanan ini tak seperti pohon ek putih. Ongkos penyusutan kayu yang rendah tinggi serta gampang dipotong dengan mesin penggilingan. Proses finishhing lem begitu gampang. Ada reaksi negatif pada keyakinan.

White Oak

Ini punya nama Latin Querbus alba serta diketemukan di Amerika Timur. Ketinggian pohon ek putih dapat capai 20-25 mtr., lebih rendah dari pohon ek merah. Pohon dapat tumbuh sampai lebar 1,2 mtr. Warna kayu di ubin punya warna coklat muda serta umumnya hijau muda. Pohon yang dipotong punya warna coklat muda serta tak punya wujud khusus antara cabang-cabangnya. White oak serta red oak gampang dikenal maka Anda tidak salah pilihnya. Pisau lempeng melempengkan banyak lekukan serta tak punya konstruksi kayu yang mulus. Waktu setahun yang ceria, ukuran dapat sekitar dari 2 sampai 4 baris. Kayunya punya ketahanan yang bagus pada semut serta jamur.
Kayu ek putih yang baik dipakai dengan tangan serta gergaji mesin. Tak berkurang selesai proses pengeringan tuntas. Selesai diperbarui, kayu jadi konstan. Body-nya dapat hancur bila kayu bergesekan dengan besi atau stainless steel. Gampang dibuat serta dicat dengan bahan finishhing apa saja, harga kayu ek putih sedikit semakin tinggi dari kayu ek merah. Ketidaksamaan harga ini bisa disaksikan di nilai yang lebih panjang dari kayu ek putih serta merah. Macam kayu yang umum di Indonesia ialah white oak, sehingga kalau mau pakainya persiapkan bujet yang besar.
Share this Post