Membangun Rumah Bingkai Ek yang Modern dan Hemat Energi

Bingkai ek telah populer dalam konstruksi selama berabad-abad. Keberlanjutan, kekokohan, dan daya tahan Oak menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi yang sadar lingkungan. Terlebih lagi, banyak yang jatuh cinta dengan karakter menawan yang ditawarkan oleh kayu keras ini saat mengering.

Terlebih lagi, produsen terus meningkatkan manfaat inheren metode ini agar sesuai dengan kebutuhan pembuat mandiri modern. Rumah kayu ek masa kini menawarkan standar isolasi tinggi, kedap udara yang mengesankan, dan arsitektur inovatif di samping daya tarik estetika bawaan mereka.

Bingkai kayu Oak kinerja tinggi

Jika bersumber secara bertanggung jawab, ek bisa menjadi bahan yang berkelanjutan. Cari sertifikasi PEFC dan FSC untuk memastikan Anda membeli dari hutan yang dikelola secara lingkungan.

Energi yang diwujudkan (sumber daya yang dikonsumsi oleh semua proses yang terkait dengan produksi bangunan) juga relatif rendah dibandingkan dengan beberapa sistem. Plus, rumah bingkai kayu ek dapat bertahan selama ratusan tahun.

Untuk seluruh tempat tinggal, Anda akan menggunakan ek hijau. Green oak adalah kayu yang ditebang dalam 18 bulan terakhir dan memiliki kadar air sekitar 80%. Ini lebih murah dan lebih mudah dipotong dan dibentuk daripada udara atau kayu kering.

Salah satu tantangan untuk rangka kayu ek adalah mencapai cangkang struktural yang sangat terisolasi dan kedap udara, sambil tetap mempertahankan karakter kayu.

Solusinya adalah menggabungkan teknik tradisional dan modern dengan membungkus bingkai kayu ek dalam sistem enkapsulasi isolasi. Ini biasanya dilakukan dengan bingkai kayu atau panel insulasi struktural (SIP). Tetapi dimungkinkan untuk menggunakan pasangan bata dan bahkan produk-produk seperti isolasi beton bekisting (ICF) atau bale jerami alami.

Menggabungkan metode dengan SIP telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Panel SIP terdiri dari dua lapisan papan berorientasi berorientasi (OSB) yang terikat di sekitar inti bagian dalam bahan isolasi. Mereka diproduksi di pabrik, mengurangi waktu pembangunan dan tenaga kerja di lokasi. Lingkungan yang terkendali berarti mereka selesai dengan spesifikasi yang sangat baik.

Beberapa spesialis bingkai kayu ek menyediakan panel sampul berpemilik sendiri menggunakan bahan alternatif, seperti isolasi alami. Opsi-opsi ini dapat memberikan kinerja yang sama-sama mengesankan.

“Sistem dinding dan atap yang dirancang dan diproduksi dengan tepat akan memastikan hunian ini mencapai kedap udara yang baik,” kata David Gray dari Oakwrights. Perusahaan baru-baru ini menyelesaikan bingkai kayu ek pertama di Inggris Passivhaus (standar yang membutuhkan tingkat isolasi dan kedap udara yang luar biasa).

Denah lantai untuk rumah kayu oak modern

“Kerangka struktural kayu ek akan menyusut dan bergerak selama proses pengeringan alami,” kata David. “Jadi, membiarkan kerangka untuk mengendap secara independen dari dinding dan sistem atap yang terisolasi menjaga kinerja bangunan secara berkelanjutan.”

Kualitas pengerjaan akan memainkan peran penting dalam memaksimalkan efisiensi energi rumah baru Anda. “Kedap udara dicapai melalui kombinasi desain yang baik, bahan yang sesuai, dan metode perincian konstruksi yang sangat baik,” kata Merry Albright dari Border Oak.

“Yang paling penting adalah mengedukasi tim di lokasi, karena bahkan amplop bangunan yang paling kedap udara dapat dirusak oleh lubang pipa yang salah tempat atau rekaman yang buruk.”

Berbagai tata letak internal dimungkinkan berkat balok yang cukup besar – Anda dapat menentukan rangka hingga 10m untuk keperluan rumah tangga – serta penggabungan baja dalam beberapa desain. Jadi, Anda dapat membuat ruang rencana terbuka kecil dan besar. Ingatlah, bahwa kamar yang sangat besar akan membutuhkan pos perantara untuk mendukung bentang.

Bingkai kaca dan oak

Salah satu karakteristik rumah bingkai kayu ek adalah penyusutan dan pemisahan kayu saat mengering. Ini bukan merupakan masalah struktural. Namun, perancang Anda harus memperhitungkan perilaku kayu, terutama ketika memasukkan kaca ke dalam desain.

Perincian arsitektur yang baik pada tahap perencanaan, diikuti dengan pelaksanaan yang tepat di lokasi, adalah kunci untuk berhasil menggabungkan bidang kaca yang besar ke dalam skema kerangka kayu ek.

Jadi pastikan Anda bekerja dengan tim spesialis yang memahami penyusutan kayu ek dan memiliki rekam jejak keberhasilan yang terbukti. Ada teknik baru yang mengurangi penyusutan, serta mengakomodasi gerakan potensial lainnya saat kayu ek mengering, seperti memutar dan membelah.

Salah satu solusi yang paling populer adalah memasang unit yang disegel pada permukaan tiang dan tiang, bukannya memasang panel kaca di bingkai itu sendiri.

“Rahasia untuk memperkenalkan kaca pada desain Anda adalah memiliki sambungan fleksibel antara kayu ek struktural dan kaca,” kata David. Ini, ditambah dengan sambungan seal cuaca yang fleksibel, memungkinkan struktur untuk bergerak secara independen. “Penampilan bingkai secara eksternal kemudian dicapai dengan menggunakan capping kayu ek di bagian luar panel kaca,” kata Kat Hamilton dari Oakmasters. “Dengan cara ini, kaca dan amplop tetap kedap air.”

Share this Post